Hampir semua materi keagamaan diberikan kepada para santri. Materi-materi keagamaan antara lain : Pelajaran Aqidah, Fiqh, Tajwid, Bhs. Arab, Tafsir, Hadits, Taffid, Doa, Mahfuzot, Qiroah, Sejarah Islam, Akhlaq.

Pembinaan Keagamaan

Kegiatan Keagamaan antara lain:

  1. Kegiatan TPA (bagi anak-anak) : Kegiatan belajar alquran yang dikhususkan pada anak-anak usia dini hingga SD dan SLTP. 
  2. TPA Pemuda dan Remaja Kegiatan TPA Pemuda dan Remaja, dirancang guna untuk menarik minat para pemuda dan remaja, agar tetap mau mengikuti kegiatan TPA. Dibanyak tempat diberbagai masjid, banyak anak remaja dan pemuda yang enggan dan malu untuk ikuti TPA. Sebab, pada umumnya materi TPA hanya sebatas iqra” dasar. Sehingga kebanyakan TPA memang diikuti oleh anak usia SD. Belum banyak model TPA Remaja dan Pemuda yang dikembangkan dimasjid’masjid. Materi TPA Pemuda dan remaja, adalah materi yang diupayakan untuk menarik minat pemuda dan remaja tetap selalu ingin belajar alquran, yang dipadukan dengan berbagai kegaitan lain yang menarik untuk pemuda dan remaja.
  3. Pengajian Ibu-ibu
    Dalam rangka membina lingkungan yang muslim, maka kita lakukan pengajian rutin 2 kali sebulan, terhadap ibu-ibu disekitar. Hingga saat ini peserta pengajian ibu-ibu mencapai 50 an peserta.

Materi TPA Pemuda dan Remaja adalah:

  1. Pengajaran Al Quran:
    a. Tajwid
    b. Qiro'ah
    c. Tafsir 
  2. Fiqh Remaja
  3. Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
  4. Pembinaan Karya Ilmiah Remaja (bagi pelajar)
  5. Berbagai Keterampilan:
    a. Pertanian
    b. Perikanan
    c. Peternakan
    d. Kerajinan
    e. Sablon
    f. Komputer
    g. Usaha Paving, Pot Bunga, dll. 
  6. Wisata Religius